Rabu, 29 April 2015

PENGGUNAAN OBAT-OBATAN





Pengguanaan obat-obatan pada dasarnya bertujuan pada tiga kegunan utama yaitu :
  1. Mencegah penyakit
Obat pencegahan terhadap penyakit ini bisa berupa vaksin(vaksin polio). Vaksin terbuat dari kuman yang mati dan dgunakan untuk mencegah penyakit seperti : polio, tetanus, dan cacar air
  1. Mengawasi gejala penyakit
Obat ini bisa berfungsi sebagai penghilang rasa sakit nyeri, seperti aspirin. Tetapi jenis obat medis ini juga bisa digunakan untuk mematikan gejalampenyakit seperti batuk, sakit kepala, dan sakit badan.
  1. Menyembuhkan penyakit
Obat ini adalah obat antibiotic, merupakan zat kimia yang membunuh atu menghetikan perkembangan kumanjahat, obat ini digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, darah keracunan, radang paru-paru dan sebagainya. Contoh obat antibiotic adalah penisilin dan sebagainya.


Dan penggunaan obat-obatan medis mempunyai tiga kegunaan tadi tentu tidk boleh di salah gunakan dalam pemakaianya. Karena bisa berakibat fatal, sperti muntah-muntah, pusing, ngantuk bahkan bisa menyebabkan kematian. Karena itulah penyalah gunaan obat-obatan dilaran oleh pemerintah, baik bertujuan untuk bersenang-senang atau untuk mencegah, menjaga, dan mengobati penyakit.
Adapu cara mengguanakan atau memasukkan oabat-obatanmedis/obat lainya( seperti narkotika) ke dalam tubuh dilakukan bermacam-macam cara, bisa dengan cara di telan (oral), di suntikan kedalam vena( intra venus), inhalasi ( disedot masuk), atau obat luar digosokan pada kulit. Dan bagai manapun caranya harus sesuai dengan petunjuk dokter dan tidak boleh over dosis penggunaanya sehingga tujuannya bisa di aplikasikan sebagai mana mestinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar