Rabu, 29 April 2015

PENYALAH GUNAAN OBAT-OBATAN



Obat-obatan memang sangat berguna bagi kesehatan, namun dapat merusak bila digunakan dengan cara yang salah. Menggunakan obat dengan cara demikian, di sebut dengan penyalah gunaan obat.

Penyalah gunaan obat merupakan secara tidak teratur, menggunakan tidak sesuai dengan aturan pakai, sembaran minum obat  dan tidak sesuai dengan resep dokter sehingga menimbulkan efeksamping. Yaitu perubahan yang tidak di inginkan oleh obat. Karena obat medis dapat merusak kesehatan bila tidak digunakan secara wajar.

Adapun efek samping itu ada dua yaitu efek samping yang ringan dan efek samping yang serius. Efek samping yang ringan adalah perut mual, sakit kepala, dan merasa lelah. Efek samping  yang lebih serius adalah muntah, pandangan menjadi kabur, pusing dan merasa lemah.
Karena itu perlu diperhatikan bagaimana aturan pakai mengkonsumsi obat. Karena berbahaya bila salah penggunaan obat-obatan. Apalagi obat-obatan seperti narkotika, sangat berbahaya bila di konsumsi sembarangan, apa lagi hanya untuk hiburan atau pun senang-senang.

Dan tentunya sebelum mengonsumsi obat kita harus memeperhatikan autaran aman dalam mengonsumsi. Supaya kita dapat menjamin kesehatan kita aman.
Adapun aturan aman setiapa akan mengkonsumsi obat adalah :

1. Janagan makan obat apa biala amat harus atau atas perintah dokter.
2. Tanyakan pada orang tua/dokter anda sebelum minum obat.
3. Bacalah selalu aturan minum obat .
4. Jangan meminum obat orang lain.
5. Buang semua obat yang sudah lama (kadaluarsa) dan tanpa label.
6. Jauhkan semua obat dari jangkauan anak kecil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar